Kamis, 27 Desember 2012

Teamwork

Synegetic Teamwork

Dalam mencapai kinerja yang baik, mutlak dibutuhkan sebuah tim yang baik. Dalam mengelola sebuah bisnis atau perusahaan, yang kita butuhkan adalah super team, bukan hanya superman setiap inidividu harus memberikan konstribusi positif untuk sebuah bisnis atau prusahaan yang dikelolanya. Dengan konstribusi positif itulah yang akan memantapkan sebuah bisnis atau prusahaan mencapai hasil yang luar biasa.
Solid
Teamwork yang solid

Teamwork bukanlah istilah asing lagi bagi kita. Teamwork merukan istilah yang sring kita dengar dan kita lakukan untuk menyelesaikan sebuah tugas yang tidak mungkin dapat kita selesaikan sendiri, maka teamwork adalah suatu solusi yang umum.

Dalam itelatur yang diajarkan sejak kita sekolah dasar, kita kerab dikenalkan dengan pribahasa indonesia yang mengatakan” ringan sama dijinjing, berat sama dipikul” atau kita juga sering mendengar jargon sejarah dizaman perjuangan “bersatu kita teguh”bercerai kita runtuh”. Bahkan negara kita memiliki semboyan “bhineka tugal ika”yang berarti”walaupun berbeda-beda”namun kita tetap satu. Semua itu merefleksikan semangat teamwork yang solid seperti pada gambar.

Selain beban semakin ringan, dengan teamwork hasil yang dicapai juga akan semakin optimal. Peran teamwork sangat besar konstribusinya dalam mencapai sebuah target dari sebuah organisasi. Dalam sebuah organisasi , tanpa adanya teamwork yang tangguh, selain membuka peluang kegagalan, hasilnya tidak maksimal seperti yang diharapkan.”orang yang selalu berupaya menggabungkan upaya nereka sendiri dengan usaha orang lain untuk mencapai keberhasilan terbesar mereka” ( Stephen Covey).

Teamwork tidak sama dengan team. Team adalah struktural bersifat dalam organisasi. Menurut difinisi umum, team merukan sekumpulan individu yang berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kumpulan individu ini harus memiliki mekanisme dan aturan kerja yang jelas. Di dalamnya dapat di koordinasikan dan perusdur harus disepakati oleh setiap anggota team, hal ini berguna juga untuk mengharmoniskan sebuah team, dan itu teamwork. Teamwork merupakan lebih kesuatu budaya, sikap, perasaan, sistem dan penampilan. Oleh sebab itu suatu team yang tidak memiliki teamwork hanyalah sekedar nama. Bisnis atau perusahaan dapat dibangun puluhan team tetapi belum tentu biasa dibangun atau memiliki sebuah teamwork.

Team bukanlah sebuak kata melaikan mengandung sebuah akronimuntuk suatu kebennaran yang dahsya ; yang merefleksiksn “Together Everyone Archieve More” artinya “ bersama – sama stiap orang mencapai lebih. Konsep team maknanya terletak pada eksperisi kata yang kita sebut dengan SINERGI, berasal dari Kata Yunani Sunerguos, artinya “berkerja sama” ; dari sun (bersama) dan Ergon (bekerja)

Sebuah senergi berti intaraksi dari dua individu atau lebih atau kekuatan kombinasi tenaga mereka yang melibihi tenaga individu mereka peribadi. Dengan demikian senergi merukan daya kerja team yang menyatukan tenaga peribadi individu, untuk menutup keterbatasan individu, supaya sasaran yang lebih banyak dan lebih besar yang dicapai. Dengan bekerja dalam sebuah team kita sanggup menghadapi dan memecahkan persoalan-persoalan kita. Kerja team tidaklah menenggelamkan kekuatan individu tetapi mengangkat mereka.

Peran teamwork dlam membangun sebuah bisnis, layaknya membangun sebuah rumah. Membangun rumah yang kokoh diperlukan podasi bangun yang kokkoh dan tiang-tiang penyanggah yang tegak. Begitu juga dalam membangun sebuah bisnis, dibutuhkan visi yang kuat sebagai pondasi dasar, dan teamwork yang solid sebagai tiang penyangga untuk mencapai kesosesan bisnis yang telah ditargetkan.

Takbisa dipungkiri bila kebradaan teamwork memang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Bahkan bisa dikatakan majutiknya sebuah bisnis atau perusahaan sangat dipengaruhi oleh teamwork yang ada didalamnya. Semakin solid team yang mendukung sebuah bisnis, maka semakin besarjuga peluang suksesyang dimiliki oleh sebuah bisnis atau perusahaan tersebut. Begitu juga sebaliknya, bila team didalamnya tidak solid dan bekerja sendiri-sendiri, bisa dipastikan bisnis tersebut tidak akan bertahan lama menghadapi persaingan dunia bisnis yang selalu meningkat setiap harinya.

Meskipun membangun teamwork merupakan langkah penting dalam membangun sebuah bisnis, namun untuk menciptakanya di tengah lingkungan kerja bukanlah perkara mudah. Unutk mewujudkan sinergi teamwork tidaklah semudah membalikan telapak tangan, karena menyatukan sifat dan karakter dari setiap individu yang berbeda menuju satu tujuan yang sma dalam suatu bisnis, sangat membutuhkan tenaga,strategi dan waktu tidak sebentar.

Jembatan yang paling kokoh dalam membangun teamwork adalah komunikasi, oelh sebab itu unutk mewujudkan sinergi teamwork kita memerlukan 7 sikap perilaku yang mesti dijalankan dengan konsisten:
  1. Mengutamakan kepentinagan organisasi.

    Sebagai bagian dari sebuah organisasi perusahaan, karyawan mutlak mendahulukan kepentingan organisasi ketimbang kepentingan peribadi. Maka semua orang yang terlibat dalam organisasi harus benar-benar memahami dan mengerti dengan baik visi dan misi serta tugas dan tanggung jawab yang dimiliki. Jika kondisi ini telaah terpenuhi, maka tujuan yang ingin dicapai akan semakin mudah direalisasika. Maka oleh sebab itu dalam hal ini keegoisan setiap peribadi harus dilebur menjadi semangat mencapai keberhasilan bersama.”oarang saling mengabungkan upaya mereka sendiri dengan usaha orang lain untuk mencapai keberhasilan terbesar mereka”. (Stephen Covey)
  2. Membangun komonikasi dan kesepahaman di internal maupun pihak eksternal.

    Jembatan paling kokoh dalam membentuk teamwork adalah komunikasi. Tampa komunikasi yang baik, keragaman setiap individu dalam organisasi tidak dapat terjembati dengan baik yang berakibat rapuhnya kerjasama dalam sebuah team. Dalam organisasi sangat penting untuk menekankan bahwa kita adalah satu kessatuan yang tidak terpisahkan. Ibarat sapu lidi jiaka bersatu maka akan memberkan manfaat yang besar”namun jika dipisah manfaat itu akan hhilang. Ketika ada yang sakit maka spontanitas semua yang terlibat dalam teamwork akan ikut merasakan dan berusaha menyembuhkannya.” Coming together is a beginning, staying together is progress, and working together is success” ( Hendry Pord ).
  3. Saling menghargai individu dan membina kerjasama.

    Sebagai makluk sosial, kebutuhan akan penghargaan dan saling berintraksi positif adalah menjadihal yang sangat mendasar. Rasa saling menghargai akan mendorong atau membentuk tingkahlaku positif dalan bekerja.intaraksi positif akan mendorong setiap individu bekerja  sepenuh hati dan penuh cinta. Sebagai mana dikemukakan oleh Karl Roger bahwa ”keadaan dimengerti secara mendalam dan menerima sepenuh hati akan menumbuhkan cinta” yang berefek positif dalam pembinaan kerjasama dalam sebuah organisasi. Untuk itu saling menghargai dan saling berbagi kepada rekan satu team dalam keadaan susah maupun senang akan, akan menumbuhkan rasa saling percaya dan rasa sling peduli serta kerjasama demi mewujudkan tujuan yang telah dicita-citakan. “yang paling menyenang tentang kerja sama team adalah bahwa Anda selalu memiliki orang lain disisi anda”(Margaret Carty). 
  4. Menjalin kerjasama yang fokus dan solusi.

    Siapapun yang terlibat dalam teamwork harus bersedia fokus pada tuan team. Setiap permasalahan yang timbul, setiap individu alam team itu juga harus berusaha seoptimal mungkin memberikan solusi pemecahannya.
  5. Menghargai perbedaan pendapat dan berkometmen dengan keputusan bersama.

    Team work adalah merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan maka setiap orang yang berbeda dalam teamwork memiliki punsi dan peranan yang sangat vital dan penting. Jika muncul suatu pertentangan, perbedaan, dan perdebatan sema harus terlibata dalam peroses penyatuan tersebut. Oleh sebab itu setiap individu harus memiliki t5angung jawab yangsama, saling menghormati dan menghargai untuk mencapai keharmonisan dan tercipta team yang solid.
  6. Selau berkordinasi untukmelaksanakan rencana kerja.

    “Nex prosess is our customer “adalah perinsip yang harus dipegang dalam melaksakan rencana kerja. Tubuh organisasi yang memiliki beragam mesti menyelaraskan hasil kerjanya untuk menyungguhkan hasil terbaik menciptakan kemudahan untuk bagian yang lain.
  7. Saling mendukung dan memotivasi untuk meraih keberhasilan yang lebih tinggi. 

  8. Salah satu tantangan besar bagi magemen yang sering dihadapi adalah bagai mana ia dapat menggerakan anggotanya agara senantiasa mau dan bersedia mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk kepentingan organiasasi. Teameork tidak memerlukan orang-orang sama dalam hal pandangan, gaya, maupun cara sikap, jestru perbedaan dalam suatu teamwork merupakan energi yang membuat teamwork tersebut menjadi keratif dan hidup. Disitulah dituntut saling mendukung dan motivasi antar semua tim yang ada di dalamnya.” A positive attitude bringh strengs, energy adn anitiative” Remez Ssson.
 AMAZING

Article